Tips Menempuh Ujian

Nah, yang mendekati ujian atau malah yang lagi ujian. Kudu baca dulu nih.. :)
Eeemm yang udah kelewat juga ga papa, buat bekal menghadapi ujian-ujian berikutnya.

Yang saya maksud disini adalah ujian sekolah yah, semesteran, atau ulang.

Setelah banyak baca-baca referensi buku dan artikel, saya menemukan cara untuk menghadapi ujian dalam TIGA kiat. Mungkin ada bahkan banyak di antara kita yang sudah menemukan caranya masing-masing dalam membekali diri untuk ujian. Tapi disini saya ingin membagi tips/kiat saya dalam menghadapi ujian semester.

Langsung saja yah.... :)

Kiat yang pertama adalaaahhh..

#Reward

Iya, Berikan reward alias hadiah buat diri kita sendiri. Ketahuilah otak bawah sadar kita menyukai yang namanya hadiah, apalagi yang memberikan itu majikannya sendiri alias diri kita sendiri. Otak bawah sadar kita pasti mencari ribuan cara buat mendapatkannya.

Dari pengalaman saya, membuktikan cara ini sangat manjur bin mujarab.
Ceritanya, waktu semester pertama masuk kuliah. Yah yang namanya dari pelosok negeri pastinya ingin membuktikan yang terbaik donk. Jadilah saya berusaha sekuat tenaga (jiiiaaahhhh..alay)supaya lulus di semua mata kuliah yang saya ambil. Dan yang terpenting saya, berjanji pada diri saya sendiri akan memberikan reward pada diri saya jika di semester pertama ini saya lulus di semua mata kuliah. Waktu itu saya Janji pada diri saya akan memberikan uang 100 ribu rupiah. Dan Alhamdulillah setelah nilai semua keluar dengan rasa was-was (karena udah mudik duluan) saya lulus di semua mata kuliah, dengan nilai yang cukup (Cukup pas-pasan maksudnya..hehe).

Dan pada semester dua, tiga, dan selanjutnya juga begitu selalu memberikan reward pada diri sendiri. Dan alhamdulillah selama kuliah selalu mengantongi nilai A dan B saja (Semoga menginspirasi..#eeeaaa). ^__^

Kemudian Tips/kiat yang kedua adalaaaahhh...

Man Jadda Wa Jada

Yups, Man jadda wa jada..

Man jadda wa jada apa sih?

Saya yakin sebagian besar kita bahkan semua dari kita sudah mengetahuinya. Betul sekali, 100 buat anda.. ^__^
Kita Harus berusaha sekuat tenaga. "Barang siapa yang bersungguh-sungguh maka dia Pasti sukses"
Begitu kira-kira.
Dan yang saya lakukan juga begitu. Setelah Fix dengan reward yang akan kita terima setelah berhasil mencapainya. Maka sekarang giliran berusaha maksimal buat mewujudkannya.

Jangan harap durian akan hadir dengan sendirinya juka kita hanya diam di atas kasur.

Kita harus ciptakan kesuksesan kita sendiri, jangan lihat keberhasilan orang lain. Tapi fokuslah pada usaaha kita sendiri. Dengan tetap membantu orang lain yang membutuhkan.

Nah loh?

Jangan salah dulu, Fokus pada usaha sendiri buakn berarti mengabaikan semua orang yang minta bantuan. Dan membantu orang lain juga bukan berarti membantu memberikan contekan.

Usaha. Artinya belajar yang giat sebelum ujian di mulai. Biasanya sebelum ujian di mulai ada rentang waktu seminggu untuk persiapan atau minggu tenang. nah manfaatkan waktu itu sebaik-baiknya. Belajar sesuai jadwal ujian kita.
Misal, hari senin ujiannya Matematika sama Fisika. maka mulai senin waktu minggu tenang belajar MTK dan FIsika. Kalau ada yang kurang mengerti cari bantuan, tanya Om google, ga neu, tanya teman, ga nemu juga tanya Dosen (Ga usah takut tanya sama dosen, dosennya suka kok kalau mahasiswanya aktif), nah masih ga nemu juga, dosennya di pertanyakan..hehehe *serius amat*
Teruuuusss..
Pas hari-hari uasnya kita tinggal review ajah apa yang kita pelajari waktu minggu tenang.

Itu yang namanya Man Jadda wa jada.

Dan kiat yang ketiga adalaaaaahhh...

JUJUR

Iya, jujur. Jujur pada diri sendiri.
Pantang Nyontek, pantang nyontekin. Karena keduanya sama jeleknya.
Nyontek banyak ruginya, percayalah. Dengan mencontek Bisa jadi nilai kita bagus, bisa jadi IP kita tinggi. Tapi hal itu dapat mengurangi tinggkat kepercayaan diri kita sendiri. Otak bawah sadar kita akan merekam bahwa kita itu tidak mampu tanpa bantuan orang lain, jadilah KETERGANTUNGAN. Begitu juga dengan Nyontekin. Hal ini juga sedikit untungnya, bahkan ga ada. Karena nyontekin, menghilangkan berkah yang sudah kita cari payah-payah.

Ingat bahwa saya dan dia sang juara diberikan waktu yang sama dalam seharinya. Betul, 24 jam. Lalu kenapa dia bisa dan aku tidak bisa? | INTROPEKSI |

Tapi dia kan emang lebih pintar dari pada aku! | Klise, ingat lagi "MAn Jadda Wa Jada" tidak ada yang tidak bisa kita capai, termasuk lulus dalam ujian.

Do'a tentunya. Tidak saya masukkan dalam tips, karena do'a ini sifatnya wajib. Maka kapan pun, untuk apapun, kita harus kudu musti do'a sama Allah supaya diberi kemudahan.

Semangat sobat.. Semoga tips sederhana ini bermanfaat.

Nah ini saya berikan bukti otentik reward yang saya terima..hehehe



Ini reward waktu semester dua kemarin, kecil sih. HAnya sebuah Headphone seharga 65rb, tapi saya sangat menikmatinya loh. JAdilah saya bersemangat banget belajarnya..hehe




Nah semester tiga lumayan naik tingkat dapet modem. Alhamdulillah,.. ^__^




Semester empatnya naik tingkat lagi, reward nya Hardisk 500 GB. Hehehe


Oh iya hampir lupa, reward nya usahakan sesuai sama yang lagi kita butuhkan dan atau yang sangat kita inginkan saat itu yah, supaya lebih NENDYAANG.. :)

Jika ingin hasilnya lebih NIKMAT, beli reward nya pakai uang sendiri jangan minta sama orang tua apalagi minta sama pacar yang bukan siapa-siapa *Upsss. Jadi lebih berasa gitu..*Emang makanan berasa* hehehe,, berasa di hati maksudnyaa.. ^__^


Oke, sekian dulu sharing kali ini, semoga bermanfaat yaaa.. :)

6 komentar:

  1. amu nak ujian pendadaran manjur pule titu tir. . .hehehe

    BalasHapus
  2. InsyaAllah manjur u/ segala jenis ujian miduuunn..

    termasuk ujian kehidupan, ^___^

    BalasHapus
  3. wah, blog mbak yesi udah .com
    *ngiri.com
    gmn bwt jd .com mbak yesi ?

    BalasHapus
  4. heheheee.. itu hadiah dr temen... q jg ga tau bikinnya gimana,, silahkan tanyakan langsung ke temen ku yah..Nih twitternya @itttaka ...
    ^__^

    BalasHapus
  5. wah, dpt rizki rupanya.hho
    kl webnya si temen mbak ada gk ??

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

.

.

.

.

.